7 Cara Membasi Rayap dengan Bahan Alami yang Mudah dan Aman

Rayap merupakan salah satu jenis serangga yang sangat merugikan bagi kehidupan masyarakat, terutama bagi Anda yang memiliki perabotan berbahan dasar kayu. Meskipun tergolong serangga yang berukuran kecil, rahang rayap yang sangat kuat menjadi senjata utama baginya untuk merusak perabotan berbahan dasar kayu. Karena itu jika Anda memiliki perabotan berbahan dasar kayu perawatan yang tepat sangat dibutuhkan selain untuk membuatnya bertahan lama juga bertujuan untuk menghindari dari serangan rayap. Ada beberapa cara membasmi rayap yang bisa Anda terapkan. Namun, usahakan untuk menggunakan cara alami agar tidak menimbulkan dampak bagi kesehatan.

Perabot Kayu di Rumah Anda Diserang Rayap? Cobalah Cara Mengusir Rayap Berikut

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi rayap yang bisa Anda terapkan. Namun, Anda harus tahu bagaimana membasmi rayap yang aman dengan tanpa menggunakan zat-zat kimia yang berbahaya. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Larutan Garam

Garam adalah bahan pertama yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi rayap secara alami. Bahan yang dibutuhkan adalah satu mangkuk garam dan air. Larutan garam ini dibuat untuk membuat larutan berkonsentrasi tinggi. Setelah melarutkan garam dan air, masukkan larutan tersebut ke dalam botol spray lalu semprotkan ke kumpulan rayap atau perabotan yang diserang rayap. Dalam waktu singkat rayap-rayap tersebut akan mati.

2. Membasmi Rayap dengan Larutan Sabun

Selanjutnya ada sabun cair yang juga bisa Anda gunakan sebagai cara mengusir rayap yang ampuh dan mudah. Sabun cair yang mudah ditemukan harus dicampur dengan air. Pastikan takarannya pas, yaitu 4 sendok sabun cair + 1 gelas air. Aduk hingga tercampur rata lalu masukkan ke botol spray. Untuk hasil yang lebih maksimal, semprotkan beberapa kali setiap hari agar rayap-rayap tersebut mati seluruhnya.

3. Larutan Kapur Sirih

Larutan kapur sirih memang sudah terkenal ampuh sebagai cara menghilangkan rayap sejak dulu. Cara membuatnya juga sama dengan cara sebelumnya, yaitu melarutkan kapur sirih dengan air secukupnya lalu masukkan ke botol semprot. Bedanya, cara ini tidak hanya akan membunuh rayap yang sudah dewasa saja, bahkan larva-larvanya juga akan terbunuh sehingga dijamin rumah Anda tidak akan diganggu rayap lagi. Penelitian juga menunjukkan jika larutan kapur sirih bisa menjadi desinfektan paling ampuh untuk membunuh rayap karena di dalam kapur sirih terdapat kandungan zat yang memiliki sifat panas. Sifat panas inilah yang akan membunuh rayap dan larvanya seketika.

4. Minyak Jeruk

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan rayap adalah dengan minyak jeruk. Bahan ini sangat aman digunakan bahkan jika harus disemprotkan ke area-area yang Anda gunakan untuk menyimpan makanan. Selain disemprot, Anda juga bisa mengoleskan minyak jeruk ini di area-area yang diserang rayap. Dengan bahan ini rayap tidak akan bisa bertelur dan dengan begitu populasinya juga akan turut menurun. Apalagi bahannya yang alami akan menjamin keamanan Anda saat menggunakan bahan ini.

5. Air Cucian Beras

Setelah mencuci beras jangan buang air rendaman atau air bekas mencuci berasnya. Siapa sangka jika air cucian beras ini juga sangat ampuh membunuh rayap-rayap yang menyerang perabotan kayu di rumah Anda. Berbeda dengan cara-cara membasi rayap sebelumnya yang menggunakan larutan dan diaplikasikan dengan cara disemprot. Saat Anda menggunakan air cucian beras ini, Anda bisa langsung menyiramkannya ke permukaan kayu yang diserang. Tak perlu khawatir karena air cucian beras ini tergolong ramah lingkungan. Jadi, selain aman jika terkena makanan, cairan ini juga aman bagi perabotan Anda karena tidak akan menyebabkan kerusakan. Agar lebih ampuh, Anda bisa menyiramkan air cucian beras ini secara teratur.

6. Tanah Diatom

Mungkin Anda masih belum familiar dengan tanah diatom. Namun tanah ini adalah salah satu bahan ampuh yang bisa digunakan sebagai cara mengusir rayap yang sangat ampuh. Caranya Anda bisa menaburkan tanah diatom ini di area-area sekitar perabotan kayu yang diserang rayap. Misalnya di kusen pintu atau jendela maupun di pinggiran tempat tidur. Jika sudah terbebas dari serangan rayap, Anda bisa menaburkan tanah diatom di sekitar rumah atau di depan pintu untuk mencegah agar rayap tidak kembali lagi.

7. Perhatikan Ventilasi Rumah

Rayap adalah binatang yang suka dengan daerah yang lembab. Jika Anda perhatikan, perabotan-perabotan kayu yang diserang rayap biasanya diletakkan di tempat yang lembab. Karena itu, untuk mengatasi agar rumah Anda tidak diserang rayap, perhatikan ventilasi udara di rumah Anda. Pastikan ketika membangun rumah Anda membuat ventilasi udara yang cukup. Jika sudah jangan lupa juga untuk sering-sering membuka jendela atau pintu rumah agar pertukaran udara di dalam rumah menjadi lancar. Semakin pertukaran udara di dalam rumah lancar, maka udara di dalam rumah akan terus berganti sehingga tidak akan lembab. Dengan begitu rayap-rayap tidak akan masuk dan bersarang di dalam rumah Anda.

Kamu bisa juga menyimak video di bawah ini

Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia memang memiliki banyak tantangan. Salah satunya adalah kondisi udara yang tidak menentu bisa membawa banyak dampak, terutama saat musim penghujan. Di musim penghujan yang lembab, jika Anda tidak bisa menjaga lingkungan rumah dengan baik, bukan tidak mungkin rumah Anda diserang rayap yang akan sangat merugikan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan 7 cara membasmi rayap di atas. Cara-cara di atas terbukti aman dan tidak membahayakan, bukan hanya bagi manusia namun juga bagi perabotan yang Anda gunakan, karena semuanya terbuat dari bahan alami tanpa mengandung zat kimia.

Leave a Reply