7 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kasur (Cepat dan Ampuh!)

Memiliki bayi atau balita memang sebuah anugerah yang besar. Untuk itu sebagai orang tua pastinya mereka akan melakukan perannya semaksimal mungkin, termasuk di antaranya mengurus ompol bayi. Bayi yang mengompol di kasur pastinya akan meninggalkan bau pesing yang tidak mengenakkan. Hal itu sangat wajar. Namun, peran Andalah sebagai orang tua yang harus mengusir rasa bau itu agar bayi jadi tetap nyaman. Dengan mencari tahu cara menghilangkan bau pesing di kasur yang tepat maka Anda sendiri juga akan nyaman pula.

Langkah pertama pastinya adalah melepas dan menggantinya dengan seprai yang baru. Namun, bagaimana apabila kasur Anda sudah basah karena ompol? Walaupun saat kering nanti kasur juga masih tetap akan bau jika tidak dibersihkan dengan benar. Padahal kasur sendiri tidak dapat dicuci seperti mencuci baju biasa. Lantas apa saja cara menghilangkan bau ompol di kasur terefektif yang bisa dicoba?

Cara Menghilangkan Bau Ompol di Kasur Secara Efektif

1. Hidrogen Peroksida

Cara menghilangkan bau pesing di kasur yang pertama adalah dengan memakai Hidrogen Peroksida. Cairan ini dapat Anda beli di apotek dan sejenisnya. Anda juga dapat memakai cairan pemutih baju yang terdapat kandungan zat tersebut. Cara menggunakannya adalah dengan membasahi area kasur yang terkena pipis dengan larutan itu. Diamkan selama 10 menit kemudian lap dengan memakai handuk kering supaya basahnya bisa terserap dengan baik. Tekan-tekan area itu selama beberapa saat.

Setelahnya jemur saja kasur itu sampai spot yang basah tadi kering. Jika tak ingin menjemurnya maka diamkanlah saja sampai kering sendiri. Jika sudah kering maka Anda dapat menaburkan bubuk soda kue di area tadi dan diamkanlah selama satu malam. Paginya Anda bisa membersihkannya dengan memakai vacuumcleaner. Selesai. Cara menghilangkan bau ompol di kasur bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

2. Cuka

Cuka mempunyai bau yang terbilang tajam. Karena tajamnya bau itu maka cuka dapat menjadi alat untuk memusnahkan bau pesing di kasur Anda. Langkah untuk membersihkannya juga sederhana. Campurkan saja 1 sendok makan cuka ke dalam satu gelas air bersih. Setelah itu masukanlah ke dalam spraybottle. Semprotkan cairan itu ke bagian yang terkena pipis bayi dan diamkan sampai 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan cara ditekan-tekan memakai lap atau handuk kering. Anda bebas menjemurnya atau tidak. Bau cuka tersebut memang akan bertahan selama beberapa hari. Namun, bau ompol juga bisa hilang setelah itu.

3. Alkohol Berkadar 70%

Alkohol berkadar 70% dapat menjadi cara selanjutnya untuk menghilangkan bau pesing. Alkohol tersebut bisa Anda temukan di apotek terdekat. Penggunaanya juga tidak sulit. Anda hanya perlu menuangkan alkohol itu ke kasur yang diompoli. Biarkan alkohol tersebut meresap selama maksimal setengah jam. Jika sudah maka jemur saja kasur di bawah sinar matahari. Jika malas menjemurnya maka keringkan saja dengan memakai hairdryer.

4. Bedak Bayi

Siapa yang tidak suka aroma wangi bedak bayi? Selain untuk menyerap keringat dan menjaga bayi tetap wangi, bedak tersebut juga bisa menjadi alat untuk menghilangkan bau ompol. Caranya adalah dengan menaburkan bedak tersebut di kasur yang terkena ompol dan diamkanlah selama satu jam. Setelahnya bersihkan saja bedak itu dengan memakai vacuumcleaner dan kasur Anda akan kembali seperti semula.

5. Obat Kumur

Siapa sangka jika obat kumur bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi bau pesing di kasur? Cara memakainyapun mudah. Anda hanya perlu menuangkan obat tersebut sedikit saja ke area yang dituju. Sikat area itu dengan memakai sikat gigi bekas lalu diamkan selama 10 menit. Sesudahnya keringkan dengan memakai lap atau handuk kering agar basah kasur itu bisa terserap. Keringkan dengan memakai hairdryer atau dijemur langsung di bawah matahari.

6. Tepung Maizena

Tepung maizena tidak hanya bermanfaat untuk membuat olahan makanan tapi juga untuk menghilangkan bau pesing dari ompol di kasur. Anda pakai saja tepung tersebut sebagai solusinya. Taburkan tepung maizena di atas bagian yang terkena pipis. Diamkan selama seperempat jam dan bersihkan dengan memakai lap basah. Bau pesing dijamin akan hilang seketika.

7. Koran

Langkah terakhir adalah dengan memakai koran. Jika Anda memiliki koran bekas berlebih yang sudah tidak dipakai lagi maka gunakan saja untuk menghilangkan bau pesing ompol. Letakkan saja sejumlah koran di atas area kasur yang dimaksud. Tekan selama beberapa saat sampai basah kasur itu berpindah ke koran. Lakukan beberapa kali hingga kasur itu tak terlalu basah. Setelah itu simpan koran yang masih kering di atas spot yang terkena pipis tadi. Biarkanlah selama semalam penuh.

Jika Anda sudah harus memakai kasur itu walaupun belum kering maksimal, maka coba saja tutup area itu dengan memakai perlak. Jika tidak ada perlak maka bisa memakai plastik. Setelahnya tutup dengan seprai. Pagi harinya buka saja perlak atau plastik yang menutupi koran. Keringkan kasur dengan cara mengangin-anginkannya. Buka saja jendela dan pintu kamar hingga kasur kering sendiri.

Kamu bisa juga menyimak video di bawah ini

https://www.youtube.com/watch?v=RFj3d0NEH4A

7 cara menghilangkan bau pesing di kasur tersebut terbilang efektif menghilangkan bau pesing. Untuk menemukannya juga mudah. Anda bisa mencarinya dengan bahan-bahan yang sekiranya ada di rumah atau membelinya di apotek.

Dengan menerapkan cara menghilangkan bau ompol di kasur tadi maka Anda tak perlu susah-susah mencuci kasurnya. Cukup pilih salah satu dari ketujuh tips tadi. Demikian ulasan mengenai menghilangkan bau pesing karena ompol di kasur. Semoga menambah informasi Anda.

Leave a Reply