Cara Menghilangkan Kutu Anjing (Cepat dan Efektif!)

Menjaga kesehatan diri sangatlah penting, baik dari makanan yang masuk ke tubuh maupun juga dari lingkungan sekitar. Tak hanya manusia, hewan peliharaan pun juga tak luput dari perhatian kesehatan. Seperti halnya hewan anjing yang banyak dipilih menjadi hewan peliharaan dikarenakan sifatnya yang setia dan berbagai macam jenis yang lucu. Namun, jika kesehatannya tidak diperhatikan atau lalai dalam merawatnya maka akan menimbulkan beberapa penyakit. Salah satu akibat jika tidak memperhatikan kesehatan dan kebersihan anjing adalah munculnya kutu pada tubuh anjing. Tetapi jangan khawatir, kini ada cara menghilangkan kutu anjing yang cepat dan efektif jika anjing peliharaan Anda sudah terlanjur terkena kutu.

10 Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Bahan-bahan yang Efektif Mengusir Kutu

cara menghilangkan kutu anjing

Pentingnya merawat kebersihan dan kesehatan anjing agar tidak terkena kutu juga harus diselaraskan dengan memahami cara-cara mengobati atau menghilangkannya. Apabila terjadi kelalaian dan anjing tersebut sudah terlanjur memiliki kutu, maka sang pemilik dapat langsung bertindak untuk menghilangkan kutu tersebut dari tubuh si anjing. Berikut merupakan beberapa cara menghilangkan kutu anjing serta bahan-bahan yang efektif untuk mengusir kutu tersebut.

1. Bedak Antikutu

Gunakan bedak antikutu untuk menghilangkan kutu-kutu yang ada di tubuh anjing tersebut. Ambil bedak antikutu secukupnya dan taburkan secara tipis ke bulu anjing. Lakukan dengan mengawalinya di bagian kepala hingga bagian ekor. Taburkan juga bedak ini pada tempat tidur anjing agar lebih efektif untuk menghilangkan kutu. Perlu dipahami bahwa bedak ini dapat membuat bulu anjing berdebu sehingga penggunaannya pun harus sesering mungkin. Untuk lebih efektifnya, ulangi penggunaan bedak ini satu kali seminggu.

2. Cuka Apel

Cuka apel memiliki bau yang menyengat dan tidak disukai oleh kutu. Maka dari itu, menggunakan bahan cuka apel ini merupakan salah satu cara menghilangkan kutu anjing yang ampuh. Cara penggunaannya yaitu campurkan cuka apel dengan air, gunakan perbandingan yang seimbang. Anda bisa membalurkannya langsung ke bulu anjing tersebut atau memasukkannya ke dalam botol semprotan.

3. Tanah Diatom

Bahan yang satu ini dapat menjadi alternatif untuk membasmi kutu anjing serta membuat kulit anjing menjadi lebih sehat. Tanah diatom sendiri memang sering dipilih sebagai salah satu bahan untuk mengusir serangga, sehingga sangat cocok untuk mematikan kutu pada anjing. Cukup taburkan tanah diatom secukupnya pada kandang atau tempat tidur anjing secara berkala dan kutu yang ada di tubuh anjing pun akan mati.

4. Lemon

Penggunaan lemon ini cukup mudah untuk menghilangkan kutu anjing. Caranya adalah memotong sebuah lemon menjadi beberapa bagian. Kemudian rebus lemon tersebut di air mendidih. Setelah itu, diamkan hingga air tersebut dingin dan masukkan ke dalam botol semprotan. Gunakan cairan tersebut dengan cara menyemprot ke bagian bulu anjing untuk menghilangkan kutu pada anjing. Hindari area sensitif pada anjing, seperti mata dan telinga.

5. Serbuk Kayu Cedar

Cara menghilangkan kutu anjing yang selanjutnya adalah menggunakan serbuk kayu cedar. Memiliki bau yang tidak disukai oleh kutu, membuat serbuk kayu cedar ini ampuh untuk mengusir kutu-kutu yang ada pada bulu anjing. Taburkan serbuk kayu cedar pada kandang anjing dan beberapa tempat yang sering digunakan untuk bermain oleh anjing. Jaga agar peletakan serbuk tersebut bisa tersentuh oleh anjing.

6. Boraks

Boraks merupakan bahan yang sering dijumpai untuk mengawetkan jenazah atau mayat. Namun, karena boraks juga merupakan insektisida maka sangat sesuai untuk mengusir kutu yang ada pada anjing. Penggunaan dari bahan ini untuk menghilangkan kutu anjing adalah dengan menaburkannya ke kandang anjing, tempat makan ataupun tempat bermain anjing tersebut. Usahakan agar boraks tidak tercampur pada makanan anjing agar tidak mengganggu kesehatan anjing tersebut.

7. Rosemary

Bunga rosemary ternyata memiliki bau yang sangat tidak disukai oleh kutu. Cukup menaruh bunga rosemary di dekat kandang anjing atau tempat bermain anjing, maka dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kutu anjing secara efektif. Tentu cara ini sangat mudah mengingat tidak terlalu sulit untuk mendapatkan tanaman rosemary ini.

8. Daun Mimba

Banyak bahan yang memiliki batu yang tidak disukai oleh kutu, daun mimba ini salah satunya. Meskipun memiliki khasiat untuk kesehatan manusia, namun ternyata aromanya bisa membasmi kutu. Cara menghilangkan kutu anjing dengan daun mimba ini cukup merebus air dengan daun mimba, kemudian mandikan anjing tersebut dengan air rebusan daun mimba ini.

9. Minyak Lavender

Cara menghilangkan kutu anjing yang cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan semprotan minyak lavender. Ambil minyak lavender dan masukkan dalam botol semprotan. Semprotkan secara berkala pada tubuh anjing setelah dimandikan maka akan efektif untuk menghilangkan kutu pada tubuhnya.

10. Sabun Cuci Piring

Untuk menghilangkan kutu anjing bisa juga menggunakan bahan sederhana yang ada di rumah, seperti sabun cuci piring. Tentunya penggunaan sabun cuci piring yang memiliki kesan panas ini harus dipadukan dengan penggunaan shampoo khusus anjing. Tujuannya agar saat terkena kulit anjing tidak akan terlalu panas sehingga tidak mengakibatkan iritasi pada kulit anjing tersebut.

Apapun cara dan bahan-bahan yang digunakan untuk mengusir kutu anjing tersebut, tetaplah jaga kesehatan lingkungan. Baik lingkungan tempat tinggal Anda maupun lingkungan kandang dari si anjing tersebut. Cara menghilangkan kutu anjing yang telah terlanjur menghinggap di tubuh anjing salah satunya juga dengan membersihkan kandang anjing tersebut. Lakukan secara rutin untuk mengusir telur-telur yang masih ada di sekitar kandang anjing tersebut.

Leave a Reply