Cara Menghilangkan Kutu Kasur dengan Tuntas

Kutu kasur atau yang biasa disebut kutu busuk merupakan serangga yang hidup di furnitur maupun barang-barang rumah tangga yang terbuat dari kain. Kutu kasur paling sering hidup di tempat tidur tetapi kutu kasur juga dapat berkembang biak di korden, tumpukan pakaian, karpet, lemari dan sisi lembab ruangan rumah. Cara menghilangkan kutu kasur sebetulnya tidak sulit, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara khusus. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membasmi kutu kasur.

8 Cara Menghilangkan Kutu Kasur di Rumah

cara menghilangkan kutu kasur

Kutu kasur dapat hidup berbulan-bulan tanpa makan dengan berbagai macam kondisi sehingga mudah dijumpai dan berkembang biak di rumah, baik rumah yang sederhana maupun rumah mewah sekalipun. Kutu kasur juga pandai bersembunyi di setiap lipatan kain dan sisi furnitur atau barang-barang yang jarang dijangkau manusia.

1. Membersihkan barang-barang dan dinding rumah.

Anda perlu memilah barang-barang di rumah. Barang-barang yang rusak atau jarang digunakan sebaiknya dibuang dan tidak dibiarkan bertumpuk di sekitar rumah. Barang rumah yang terbuat dari kain perlu dicuci secara rutin. Cara menghilangkan kutu kasur pada furnitur dengan bahan kain yaitu dicuci dengan air yang panas dengan suhu diatas 50 celcius selama 30 menit dan keringkan furnitur hingga betul-betul kering. Bila sulit untuk dicuci, Anda perlu membersihkan dengan penyedot debu dan beri perhatian khusus ketika menyedot pada bagian dasar, tepi, sudut tersembunyi serta lipatan-lipatan jahitan pada furnitur. Bersihkan dan perbaiki juga dinding rumah, terutama bila terdapat cat atau pelapis dinding rusak atau mengelupas.

2. Dijemur di bawah sinar matahari

Furnitur rumah terutama sofa, karpet dan kasur perlu dijemur di bawah sinar matahari yang terik. Cara menghilangkan kutu kasur yaitu jemur setiap sisi furnitur agar furnitur mendapat paparan sinar matahari secara merata. Anda dapat membalik atau memindahkan posisi furnitur yang dijemur. Bila furnitur memungkinkan untuk dibongkar pasang, bongkar furnitur dan jemur setiap bagian untuk menghindari adanya kutu maupun telur yang tersembunyi di sisi yang sulit dijangkau. Untuk pencegahan, jemur setiap furnitur secara rutin beberapa minggu atau sebulan sekali.

3. Garam

Garam merupakan salah satu dapur yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutu kasur karena sifatnya aseptik. Cara menghilangkan kutu kasur dengan menggunakan garam adalah garam dilarutkan dengan air. Larutan garam kemudian ditempatkan pada botol penyemprot. Semprotkan larutan garam pada area tempat kutu kasur berkembang biak. Jangan lupa untuk menyemprot pada sisi-sisi dan lipatan furnitur.

4. Cuka

Cuka yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutu kasur adalah cuka putih yang biasa digunakan untuk penyedap makanan. Cuka bersifat asam yang cukup kuat untuk membunuh serangga, selain itu juga bersifat alami untuk digunakan. Cara menggunakan cuka untuk membasmi kutu kasur hampir sama dengan menggunakan garam. Anda perlu menyiapkan botol penyemprot untuk menampung cuka.

Semprotkan larutan cuka pada furnitur agar kutu kasur mati. Semprotkan juga pada area sela-sela furnitur, permukaan serta bagian dasar. Kelemahan menggunakan cuka adalah kutu tidak bisa dibasmi dalam sekali tindakan. Untuk hasil maksimal larutan cuka bisa disemprotkan secara rutin dalam rentang waktu beberapa minggu sekali. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan campurkan cuka dengan bahan apapun, terutama bahan pemutih atau insektisida lain karena dapat menimbulkan reaksi kimia yang beracun. Setelah disemprot cuka furnitur perlu dijemur untuk menghilangkan bau asam cuka.

5. Gel Silika

Gel silika bersifat menyerap kelembaban sehingga kutu tidak dapat bertahan hidup di tempat yang kering karena kehilangan cairan. Cara menggunakan gel silika yaitu cukup mudah, yaitu sebarkan gel silika di tempat-tempat kutu kasur hidup. Anda juga dapat menyebarkannya di sekitar kasur, koridor, serta furnitur-furnitur lain sehingga kutu kasur tidak hanya berpindah tempat. Anda dapat memadukan gel silika dengan bubuk kopi

6. Alkohol

Semakin tinggi konsentrasi alkohol maka semakin efektif untuk menghilangkan kutu kasur. Anda dapat menggunakan alkohol kadar 70% yang paling mudah ditemui di pasaran. Caranya yaitu dengan menyemprotkan alkohol pada furnitur tempat kutu kasur berkembang biak. Cara ini lebih efektif hasilnya bila dilakukan berulang dua minggu sekali. Hal yang perlu diperhatikan yaitu gunakan botol penyemprot yang aman serta jangan mencampurkan alkohol dengan bahan lainnya.

7. Insektisida

Kutu kasur memerlukan insektisida khusus. Hal yang perlu diperhatikan adalah insektisida tidak perlu disemprotkan secara merata ke seluruh bagian furnitur karena ada batasan dosis untuk penggunaan insektisida. Cara menghilangkan kutu kasur dengan insektisida adalah semprotkan insektisida khusus kutu kasur pada lipatan-lipatan, jahitan-jahitan, lekukan-lekukan yang terdapat pada furnitur bahan kain seperti kasur, karpet, seprai dan selimut.

8. Penguapan

Bila anggota keluarga Anda ada yang alergi terhadap insektisida atau bahan tertentu, penguapan menjadi salah satu cara menghilangkan kutu kasur. Suhu di atas 50 celcius dapat membunuh kutu kasur. Caranya Anda dapat menggunakan alat elektrik perebus air dan menghubungkannya dengan selang. Alat lain yang dapat digunakan adalah alat elektrik seterika uap. Arahkan alat elektrik penghasil uap panas pada setiap sisi furnitur.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan kutu kasur yang bisa dipraktekkan di rumah. Cara-cara di atas dapat dilakukan dengan memperhatikan peringatan yang telah disebutkan. Semoga artikel ini membantu Anda untuk membasmi kutu kasur di rumah. Mari tetap menjaga dan membersihkan barang dan rumah.

Leave a Reply