Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju (Efektif!)

Menghilangkan noda pada pakaian memang seringkali agak merepotkan. Karena tidak semua jenis noda bisa hilang hanya sekali bilas dengan deterjen. Noda-noda membandel seperti minyak akan butuh penanganan lebih yang bukan sekedar deterjen agar noda bisa benar-benar hilang. Tapi sebenarnya ada cara menghilangkan noda minyak di baju yang cukup efektif dan efisien yang bisa Anda coba dengan bantuan bahan-bahan dan cara mudah di bawah ini.

9 Cara Mudah Menghilangkan Noda Minyak di Baju

1. Sabun

Berbagai macam sabun terbukti cukup efektif untuk mengangkat minyak. Sifat sabun mengikat minyak dan bekerja meluruhkan kotoran dengan air dapat dimanfaatkan untuk meluruhkan minyak pada pakaian. Cara pengaplikasian cukup oleskan sabun pada noda minyak dan sikat lembut berulangkali hingga noda-noda terangkat. Setelah noda terangkat bilas dengan air dan ulangi tahap tersebut hingga baju benar-benar bersih kemudian baru bisa dicuci seperti biasa menggunakan deterjen.

2. Sampo atau Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan noda minyak di baju yang selanjutnya adalah usapkan salah satu bahan di atas antara sampo atau sabun cuci piring dengan jumlah banyak pada noda minyak yang menempel di pakaian. Cukup usapkan pada bagian noda saja agar bahan bekerja mengangkat minyak pada noda. Pengaplikasian cukup pada bagian yang terkena noda saja. Aplikasikan secara menyeluruh pada noda dengan menggosok lembut bagian depan dan belakang pakaian sehingga keseluruhan noda minyak dapat terangkat dari pakaian.

3. Cuka Putih dan Jeruk Lemon

Cara menghilangkan noda minyak di baju dengan bahan lainnya adalah menggunakan cuka putih maupun lemon yang diusapkan pada noda, ingat jangan aplikasikan bahan ini pada kain sutra dan wol. Cuka dan lemon yang bersifat asam dapat meluruhkan ikatan lemak pada serat kain sehingga lebih mudah diangkat nantinya. Kandungan asam dari cuka maupun jeruk lemon sebenarnya juga terdapat pada sabun cuci piring yang mengandung lemon atau jeruk nipis. Sehingga sabun cuci yang mengandung lemon atau jeruk nipis saja juga cukup digunakan untuk menghancurkan lemak membandel pada pakaian.

4. Bahan Penyerap Minyak

Bahan penyerap minyak seperti bedak bayi atau tepung jagung dapat Anda gunakan untuk menghilangkan noda minyak pada pakaian. Caranya cukup taburkan bubuk pada pakaian yang bernoda minyak dan tekan menggunakan sponge kering. Tekan berulang kemudian sapukan dan hilangkan bubuk tersebut dari permukaan pakaian. Anda dapat mengaplikasikan secara berulang dan pada bagian balik pakaian hingga noda benar-benar hilang.

5. Sikat Gigi

Cara menghilangkan noda minyak di baju selanjutnya adalah dengan menggosokkan sikat gigi pada area noda dengan gerakan memutar dan jangan terlalu menekan karena dapat merusak serat pakaian. Lakukan hingga area noda tertutup busa dari pengaplikasian sabun. Setelah 3 menit lakukan pengaplikasian yang sama untuk bagian baliknya. Sikat gigi yang lebih kecil akan lebih baik terutama untuk noda-noda dengan ukurannya kecil. Bulu sikat kecil juga cenderung lebih lembut dan tidak merusak serat kain namun bagus untuk membantu busa agar bisa mengangkat minyak dari pakaian.

6. Dry Cleaning

Jika noda belum hilang tambahkan larutan dry cleaning pada noda dan biarkan mengering. Larutan dry cleaning dapat Anda peroleh dengan mudah di berbagai swalayan. Perhatikan produk yang dijual apabila terdapat tulisan dry cleaning pakaian maka larutan pembersih tersebut bisa Anda aplikasikan pada pakaian-pakaian yang terkena noda minyak. Setelah dibiarkan beberapa saat biasanya noda minyak dapat langsung hilang.

Pengaplikasian dry cleaning akan lebih efektif jika Anda sudah mencoba beberapa tahap di atas sebelumnya sehingga sebagian besar partikel minyak sudah terangkat dari pakaian. Pengaplikasian dry cleaning diawal mungkin akan sangat praktis namun tidak dapat membersihkan pakaian dari noda secara keseluruhan.

7. Deterjen

Setelah pengaplikasian di atas, cara menghilangkan noda minyak di baju selanjutnya adalah menambahkan deterjen pada bagian noda dan menggosok memutar dengan lembut hingga berbusa menggunakan sikat gigi untuk mengangkat noda. Bilas dengan air kemudian ulangi pengaplikasian deterjen hingga noda benar-benar tidak tersisa dan pakaian tampak bersih. Perlu diperhatikan bahwa jangan menggunakan deterjen dengan warna yang kuat karena dapat merusak warna pakaian.

8. Bilas Dengan Cuka

Membilas bekas noda yang sudah bersih dengan air dan cuka dapat menghilangkan sisa-sisa sabun pembersih sehingga pakaian lebih bersih. Untuk noda yang membandel maka sebelum pembilasan dengan cuka Anda perlu mengulangi tahap-tahap di atas hingga noda minyak benar-benar hilang. Baru kemudian pakaian bisa dibilas dengan air dan cuka agar tidak ada sisa-sisa sabun yang mengendap di pakaian.

9. Soda

Cara menghilangkan noda minyak di baju yang bisa Anda coba selanjutnya yakni dengan menggunakan soda. Caranya larutkan soda dengan sabun dan deterjen pada sebuah wadah. Pastikan larutan sudah tercampur dan teraduk baru kemudian rendam bagian yang bernoda pada wadah dan tunggu selama 20 menit. Anda bisa meninggalkan pakaian untuk beberapa saat kemudian noda pada pakaian akan terangkat dengan sendirinya. Lalu bilas baju dengan air bersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda minyak di baju, cukup mudah bukan? Selain bahannya yang gampang ditemukan caranya pun juga cukup sederhana untuk di coba sendiri. Sehingga Anda tidak perlu bingung dan repot-repot lagi membersihkan noda minyak pada baju melalui cara efektif menghilangkan noda minyak seperti di atas. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

Leave a Reply