Ukuran Kertas A3 dan A3+ Berbeda dengan Fungsi Hampir Sama

Sudah umum diketahui jika kertas memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan. Kertas dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Yang paling utama adalah digunakan untuk mencetak atau sebagai media cetak. Karena itu dalam memilih jenis dan ukuran kertas juga harus ditentukan berdasarkan kebutuhannya tersebut. Dengan begitu kualitas cetaknya tidak akan terpengaruh karena ukuran kertas dibuat biasanya juga menentukan alat cetaknya. Misalnya ukuran kertas A3 yang biasanya digunakan untuk mencetak poster, pamflet, selebaran dan kegunaan paling sering adalah untuk menggambar.

Kertas A3 digunakan untuk menggambar karena memiliki ukuran yang pas. Selain kertas ukuran A3 juga ada kertas ukuran A3+. Seperti namanya, tentu saja ukuran kertas A3 plus (lebih) dibandingkan kertas A3 biasa. Kertas ukuran A3+ ini biasanya juga digunakan untuk kebutuhan cetak.

Perbedaan Ukuran Kertas A3 dan A3+ dan Perbedaan Mendasar Keduanya

Jika Anda membandingkan antara kertas A3 dan kertas A3+, sebenarnya tidak akan perbedaan yang signifikan. Namun ada beberapa perbedaan mendasar yang harus Anda ketahui untuk membedakan keduanya, salah satunya adalah ukuran kertas A3+ yang tentunya lebih besar dibandingkan kertas A3. Berikut beberapa perbedaannya.

  1. Perbedaan Ukuran

Perbedaan mendasar yang membedakan antara kertas A3 dan A3+ tentu saja dari segi ukurannya. Dari namanya saja sudah bisa diketahui jika terdapat perbedaan ukuran kertas A3 dan A3+. Untuk kertas A3 sendiri memiliki ukuran 29.7 cm x 42 cm. Atau jika dikonversikan dalam satuan ukuran yang lebih digunakan secara internasional adalah 297 mm x 420 mm atau 11.69 inchi x 16.54 inchi. Sedangkan untuk kertas A3+ ukurannya adalah 32 cm x 48.3 cm. Dalam ukuran milimeter adalah 320 mm x 483 mm dan dalam satuan inchi adalah 12.59 inchi x 19.01 inchi.

  1. Jenis Mesin Cetak

Hal kedua yang membedakan kedua jenis kertas ini selain perbedaan ukuran kertas A3 dan A3+ adalah jenis mesin cetak yang digunakan untuk mencetak keduanya. Jika kertas ukuran A3 masih bisa diakomodir dengan menggunakan mesin pencetakan offset, maka kertas berukuran A3+ ini justru hadir karena perkembangan mesin cetak yang kini sudah menggunakan mesin cetak laser. Karena ukurannya yang sangat besar tentu tidak memungkinkan untuk menggunakan mesin cetak biasa, maka diperlukan mesin cetak khusus yang bisa mengatasi ukuran kertas tersebut agar semua gambar atau data bisa tercetak dengan sempurna di atasnya.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, masing-masing ukuran kertas yang ada sudah diproduksi berdasarkan kebutuhan penggunanya. Untuk mengakomodasi kebutuhan cetak yang besar, dibutuhkan media cetak berupa kertas yang besar pula. Karena itulah ada kertas berukuran A3 dans A3+. Meski ukuran kertas A3 sedikit lebih kecil dibanding kertas A3+ namun keduanya juga memiliki fungsi dan kegunaan yang hampir sama.

Leave a Reply