Ulasan Laptop Gaming MSI GS43VR Phantom Pro

Bersamaan dengan rilis resmi prosesor Intel Kaby Lake generasi ke-7 datang gelombang pasang laptop gaming yang diperbarui. Mereka sangat mirip dengan versi berbasis Skylake yang telah kami uji. GS43VR Phantom Pro-069 dari MSI adalah yang pertama mencapai bangku tes kami. Apakah kinerja Phantom Pro yang diperbarui dapat menakuti pesaing?

Kemasan MSI GS43VR Phantom Pro terdiri dari kotak hitam sederhana dengan logo MSI Gaming Series dicap merah pada tutupnya. Melepaskan tutupnya mengungkapkan dua kompartemen: yang besar menampung Phantom Pro dan yang kecil untuk kabel daya. Di bawah Phantom Pro terdapat kompartemen tambahan untuk adaptor daya dan manual pengguna.

Profil teratas Phantom Pro menampilkan sentuhan akhir dari logam hitam khas MSI dengan aksen miring yang agresif. Bagian atas bibir menampilkan aksen merah metalik yang menghiasi desain minimalis. Depan dan tengah Anda akan menemukan logo naga Seri Game MSI, yang tampaknya telah dirancang ulang. Gone adalah cetakan “Gaming G Series” yang awalnya ada di bagian atas perisai. Sekarang kita memiliki naga yang lebih besar yang mencakup keseluruhan perisai. Logo menyala ketika sistem dinyalakan, dan tingkat iluminasi bervariasi tergantung pada kecerahan layar.

Seperti yang kita harapkan berdasarkan ulasan laptop MSI sebelumnya, membuka tutupnya mengungkapkan lebih banyak permukaan logam yang disikat. Seperti halnya semua laptop logam MSI yang disikat, perkirakan untuk menemukan sidik jari dan noda setelah digunakan dalam waktu lama. Tombol segitiga perak Phantom Pro terletak di sebelah kiri dan memiliki cahaya oranye untuk menunjukkan kapan sistem dinyalakan. Tepat di bawah layar Anda akan menemukan logo perusahaan MSI.

Ulasan Laptop Gaming MSI GS43VR Phantom Pro

Anda tidak akan menemukan knalpot bertema mobil sport, jadi bersiaplah untuk tidak senang (atau senang, jika Anda bukan penggemar penampilan itu). Untuk mempertahankan desain minimalisnya, MSI Phantom Pro memiliki dua ventilasi panas yang agak sederhana dan bibir belakang. Ventilasi panas tambahan terletak di bibir kanan, memberikan kipas knalpot yang paling dekat dengan GPU dua titik untuk mengeluarkan panas. Sirip panas aluminium berwarna merah mencegah bagian belakang terlihat kusam dengan tetap mempertahankan gambar yang elegan.

Berbeda dengan sisa sasis, panel bawah Phantom Pro dibuat dari plastik. Ada guntingan asupan udara untuk kipas yang membentang di bagian belakang panel bawah. Dua dari ventilasi memiliki warna merah yang mirip dengan sirip panas aluminium, yang menambahkan sentuhan indah pada panel hitam polos (setidaknya untuk saat-saat ketika itu akan terlihat). Sistem ini didukung oleh lima kaki karet: satu di tengah dan empat di sudut. Sayangnya, panel bagian bawah terasa sangat murah. Menerapkan sedikit tekanan pun akan melenturkan panel, dan mempertimbangkan seberapa erat komponen yang dikemas dalam selungkup tipis ini, yang mungkin menjadi penyebab kekhawatiran jika Anda berniat bepergian dengan Phantom Pro.

MSI bersalah lagi menempatkan speaker laptop di bibir depan. Saat kami terus memanggil hampir semua laptop, penempatan ini tidak ideal karena penggunaan normal (yaitu meletakkan tangan Anda di keyboard) akan menghalangi speaker.

MSI Phantom Pro dapat memperluas tampilan sekitar 135 °, yang dapat diterima untuk sebagian besar skenario. Mempertimbangkan seberapa tipis dan portabel sasis, kami ingin melihat engsel memanjang hingga 180 ° seperti penawaran MSI lainnya, seperti GS63VR Stealth Pro-034 dan GE72VR Apache Pro-010, tetapi ini bukan masalah -pemecah. Di bawah engsel ada aksen merah halus yang memberi Phantom suar yang sangat dibutuhkan.

Sedangkan untuk I / O, mulai dari kiri Anda akan menemukan port Killer LAN Ethernet, satu port USB 3.0, pembaca kartu SD, jack input mikrofon, dan jack keluar headphone. Sisi kanan menampilkan Thunderbolt over Type-C, port USB 3.0 lainnya, port HDMI 1.4, dan kunci Kensington. Akhirnya, DisplayPort mini tunggal dapat ditemukan di bagian belakang. Laptop ini kami pilih sebagai salah satu best gaming notebook under 1500 dollars.

Tampilan

Tampilan Phantom Pro cukup standar; ini adalah monitor IPS 1920×1080 matte yang berjalan pada 60Hz. Layarnya 14 “lebarnya, membuat keseluruhan sistem ini sangat portabel. HDMI 1.4, mini DisplayPort, dan Thunderbolt 3 melebihi port Tipe-C memungkinkan koneksi tampilan tambahan.

Fitur

MSI Phantom Pro menampilkan pujian keyboard-switch dari SteelSeries. Seperti halnya semua keyboard laptop MSI yang telah kami uji, tombolnya ditempatkan secara merata dan mengetik terasa nyaman. Keyboard ini memiliki lampu latar LED merah, yang tidak dapat diprogram menggunakan SteelSeries Engine 3. Lampu latar RGB bukan keharusan, tetapi beberapa sistem, termasuk MSI GE72VR Apache Pro, menawarkan kontrol pencahayaan yang kuat dengan harga yang sesuai ini.

Trackpad adalah varietas standar yang dapat diklik. Kami senang mengetahui bahwa jarak perjalanan seragam di semua tempat kecuali bagian paling atas dari trackpad. Sayangnya, bagaimanapun, jarak perjalanan agak terlalu dalam; mendorong trackpad dengan kekuatan sedang bahkan tidak hanya menenggelamkan trackpad cukup rendah untuk masuknya debu dan serpihan, tetapi juga melenturkan badan logam di sekitar trackpad. Jika masalah pelenturan panel bawah tidak cukup untuk menakut-nakuti beberapa orang, sasis logam pelentur mungkin.

Panel bawah diamankan ke seluruh tubuh Phantom Pro dengan delapan sekrup; setelah ini dibatalkan, panel mudah dilepaskan. Di bagian bawah Anda akan menemukan solusi pendinginan Phantom Pro, yang terdiri dari kipas gas buang kiri untuk CPU, pipa panas, CPU dan heatsink GPU, dan kipas gas buang yang tepat untuk GPU. Secara khusus, heatsink GPU memiliki empat pipa panas, yang satu dibagi dengan CPU heatsink, sementara tiga lainnya membungkus kipas knalpot yang tepat dan ke dua susunan sirip panas aluminium. Dua slot memori DDR4 terletak tepat di atas heatsink CPU. Slot penyimpanan ada di kanan atas, dengan satu slot M.2 di paling kanan dan slot SATA 2,5 inci di sebelah kirinya. Baterai 61Wh menjangkau seluruh area teratas laptop.

Software

Tidak ada perbedaan mencolok antara versi Dragon Center MSI dan versi yang kami lihat di ulasan sebelumnya. Dragon Center masih menawarkan rangkaian kontrol sistem yang kuat, termasuk pemantauan sumber daya dan suhu, opsi daya, dan penyesuaian kecepatan kipas. Portal Aplikasi menautkan aplikasi praktis seperti SteelSeries Engine III dan GeForce Experience ke Dragon Center. Anda dapat menambahkan pintasan ke Portal Aplikasi untuk menjadikan Dragon Center hub satu atap.

Leave a Reply